Sehat dengan Wedang Uwuh dan Kunir Asem

Menikmati Wedang Uwuh buatan guru KKG
Masih seputar materi kewirausahaan, kini giliran kelompok guru Kelas 1 dan 2 membuat Wedang Uwuh dan Kunir Asem.

Wedang uwuh berwarna khas merah alami, warna yang berasal dari kayu secang dan rasanya manis pedas. Sedangkan kunir asem warnanya kuning dengan cita rasa yang berbeda dengan uwuh, yaitu segar dan asam.

Untuk membuat wedang uwuh, bahan yang dibutuhkan adalah serutan kayu secang dan kayu manis, jahe geprek, daun cengkeh, daun pala. Untuk rasa yang lebih kuat ada pula yang menambahkan sereh dan kapulaga. Sebagai pemanis digunakan gula batu atau gula pasir. Direbus hingga mendidih lalu disaring. Bisa juga diseduh air panas, tanpa disaring. Minuman rasa rempah ini sangat baik untuk menjaga stamina tubuh.

Sementara kunir asem adalah minuman yang bermanfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh. Bahan utama untuk membuatnya adalah : air perasan kunir atau kunyit, asem jawa, gula jawa atau gula pasir dan sedikit garam.

Minuman ini bisa dijual per gelas untuk harga ekonomis atau dikemas dalam botol yang lebih besar untuk dikonsumsi dalam kondisi dingin, setelah dimasukkan ke dalam kulkas.

Minuman ini begitu spesial, karena dibuat dari khasanah kekayaan rempah Indonesia, dan lebih istimewa lagi karena yang membuat adalah bapak ibu guru.

Komentar