UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang Gelar FLS2N-LCSPN dan Bahasa Jawa

Salah satu tarian yang dipentaskan pada FLS2N Kec. Tembalang

Perhelatan akbar kesenian dan bahasa siswa SD, berjenjang dari kecamatan ke tingkat nasional, digelar hari Rabu ini (21/3) oleh UPTD Pendidikan Kecamatan Tembalang. Acara yang berjudul FLS2N (Festival & Lomba Seni Siswa Nasional)-LCSPN (Lomba Cipta Seni Pelajar NAsional) dan Bahasa Jawa tahun 2018 ini, dipusatkan di Gugus Bawana Alit. Sebagai tuan rumah, gugus Bawana Alit memilih 3 sekolah sebagai tempat pelaksanaan lomba, yaitu : SDN Tembalang, SDN Bulusan, dan SDN Meteseh.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Kepala UPTD Pendidikan KEcamatan Tembalang, Drs. Dwiyanto Teguh Yuwono di SDN Bulusan, yang dijadikan sebagai sekretariat panitia lomba. Pada acara pembukaan ini, ketua panitia pelaksana, Endang Prihatiningsih, S.Pd, M.Pd melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan seleksi di tingkat Kecamatan untuk 12 cabang lomba yang diikuti oleh siswa SD/MI se-Kecamatan Tembalang, dengan juri Kepala-kepala Sekolah dan Juri Profesional (dari luar). Sedangkan, tema yang diangkat sekaligus menjadi tujuan yaitu "Kecintaan terhadap Seni dan Budaya Bangsa Menguatkan Karakter, Menggugah Daya Cipta, serta Membentuk Kelembutan Hati".

Setelah dibuka secara resmi, peserta dan guru pendamping kemudian menuju ke 3 penjuru SD yang telah ditentukan. Berikut ini adalah tempat dan cabang lomba yang digelar :
1. SDN Bulusan :
a. Lomba Seni Tari
b. Lomba Cerdas Cermat
c. Lomba Siswa Berprestasi

2. SDN Meteseh
a. Lomba Pidato Bahasa Indonesia
b. Lomba Pidato Bahasa Jawa
c. Lomba Geguritan

3. SDN Tembalang
a. LOmba Menyanyi Solo
b. Lomba Pantomim
c. Lomba Gambar Bercerita
d. Lomba Melukis
e. Lomba Tembang Macapat

Khusus untuk Lomba Karawitan, dikoordinasikan antara 3 sekolah : SDN Sendangguwo 01, SDN Tandang 03, dan SDN Sendangmulyo 04.

Pemenang atau Juara 1 setiap lomba (putra dan putri) akan maju ke tingkat Kota Semarang sebagai Duta Kecamatan Tembalang. Siapa saja pemenangnya? TUnggu info berikutnya di web Gugus Bawana Alit ini.

Diantara sekian lomba, lomba yang paling akhir selesai adalah Cerdas Cermat dan Siswa Berprestasi. Pada lomba Cerdas Cermat, ada 3 babak yang harus dilewati peserta, yaitu : babak penyisihan secara tertulis, babak semifinal ( diambil 9 sekolah), dan babak final (3 terbaik). Pada lomba Siswa Berprestasi, siswa harus mengikuti serangkaian uji seleksi, yaitu : Tes Tertulis, Uji Keterampilan TIK (Word dan powerpoint), membuat hasta karya atau karya teknologi, dan Pidato dengan tema yang telah ditentukan.

Berikut ini adalah sebagian foto dokumentasi kegiatan :


Kepala UPTD Pendidikan Kec. Tembalang

Laporan Ketua Panitia



Lomba Pidato Bahasa Indonesia-Sesi Menulis Pidato

Lomba Geguritan

Geguritan

Geguritan

Tari Warak Ngendhog

Seleksi Tulis Cerdas Cermat

Ibu Ketua Panitia dan tim

Lomba Pantomim


Lomba Gambar Bercerita

Lomba Menyanyi Solo


Juri Lomba Lukis


Lomba Macapat


Lomba siswa BErprestasi-sesi TIK
 
Final Cerdas Cermat


Lomba Siswa BErprestasi-Sesi Hasta Karya


Lomba Siswa Berprestasi-sesi Pidato


Lomba Pidato bahasa Jawa

Untuk foto kegiatan lebih lengkap silahkan di unduh di link Googledrive berikut ini (390 foto, ukuran file 93 Mb)[dr]

Komentar