Gugus Bawana Alit Gelar Galang Persahabatan


Game "Balancing Board" di acara Galang Persahabatan Gugus Bawana Alit

Keringat bercucuran dari wajah Hasna (10th) saat berlari kecil menyongsongkan bambu untuk dipijak oleh temannya. Bersama 9 orang teman sekelompoknya, Hasna dan anak-anak di kelompok yang lain sedang berkompetisi merampungkan tugas di Pos Human Leader, salah satu pos yang ada.Walaupun wajah penuh peluh terpapar terik matahari, Hasna seperti juga siswa yang lain, tetap bersemangat menyelesaikan tugas. Keceriaan terpancar dari wajah mereka.

Yup. Siang ini (5/10), Hasna adalah satu dari hampir empat ratus siswa SD yang menjadi peserta Galang Persahabatan. Sebuah acara yang melibatkan seluruh siswa kelas 5 dari 7 SD di Gugus Bawana Alit, Kec. Tembalang Kota Semarang. Ketujuh SD itu adalah : SDN Tembalang, SDN Bulusan, SDN Meteseh, SDN Kramas, SD Alam Ar-Ridho, SDI Nurussunah, dan SDI Al-Ma'arif.

Acara yang berlokasi di halaman Balai Kelurahan Kramas ini dimulai pukul 07.30 dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan kota Semarang yang diwakili oleh Y. Sapto Budi Utama (Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD) dan dihadiri beberapa tamu undangan. Diantaranya : Dwiyanto Teguh Yuwono (Kepala UPTD Kec. Tembalang), Polsek Tembalang, Koramil Tembalang, Lurah Kramas, Mintarsih (Pengawas SD Gugus Bawana Alit), dan Kepala-Kepala Sekolah Dasar di Kecamatan Tembalang.

Menurut Ketua Panitia, Haryanto, yang juga guru di SDN Tembalang, acara Galang Persahabatan ini didesain dengan menggunakan Game Outbound Low and Middle Impact, disertai refleksi sikap atau karakter usai permainan. Ada 5 pos Outbound yang disediakan, yaitu : Roda gila, HUman Leader, Balancing Board, Estafet Bola-Pipa, dan Tali Persahabatan. Kelima pos Outbound itu harus dilewati oleh semua siswa yang dibagi menjadi 35 kelompok dengan anggota kelompok berasal dari sekolah yang berbeda. "Sehingga, sambil bermain anak-anak dapat belajar bekerja sama dan dapat bonus teman baru", ujarnya.

Sementara, dalam sambutannya, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan karakter SD Dinas Pendidikan Kota Semarang mengapresiasi kegiatan Galang Persahabatan ini. Menurutnya, " Galang Persahabatan adalah kegiatan yang efektif untuk merekatkan persahabatan antarsiswa dan antarsekolah, dan menghilangkan perilaku negatif atau kenakalan siswa seperti intimidasi, bullying, dan kekerasan lainnya, khususnya di jenjang SD". Masih menurut beliau, Galang Persahabatan juga berisi 5 nilai karakter dalam PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) yang sedang digalakkan oleh Kemendiknas, yaitu : Religius, Nasionalis, Mandiri, gotong Royong, dan Integritas.

Pembukaan Galang Persahabatan secara Simbolis

Usai memberikan sambutan, bersama tamu undangan, beliau membuka acara secara simbolis dengan menerbangkan balon ke udara. Acara kemudian dilanjutkan dengan streching  (peregangan) dengan melakukan senam lucu yang dipandu oleh Winky Winangsih, guru SD Alam Ar-Ridho.

Setelah dibagi kelompok, siswa pun mulai berpencaran menuju pos permainan yang telah disiapkan. "Diulang lagi ya, kan jatuh...Tetap semangat, ya", kata salah satu guru yang bertugas di pos Estafet bola saat bola yang digulirkan jatuh ke lantai sebelum sampai di tujuan. Pos-pos ini juga mendapatkan bantuan dari mahasiswa Universitas Pandanaran yang sedang melakukan KKN di kelurahan Kramas. Selain itu, juga di back up oleh Puskesmas Rowosari yang menerjunkan 1 tim medis kumplit dengan ambulance-nya

Pukul 11.00 acara permainan selesai. Kemudian ditutup dengan acara refleksi bersama dan pembagian hadiah bagi siswa yang berhasil mendapat teman baru terbanyak. Ada dua siswa yang berhasil meraih hadiah ini, yaitu Aji dan Salsa, dari SDN Kramas dan SDI Al-Ma'arif. Keduanya berhasil mendapat 75 dan 67 teman baru yang dibuktikan dengan catatan di bukunya.

Dan, Galang Persahabatan di akhiri dengan foto bersama di photobooth yang telah disediakan panitia. Ada rasa sedih saat siswa-siswa ini berpisah. Bahkan lucunya, saat angkot yang di-charter siswa satu persatu meninggalkan lokasi, siswa lain bersama-sama melambaikan tangannya, "Daaaghhh...." kata mereka kompak bersama-sama. So sweet...

Komentar