Bawana Alit Ikut Lomba Gugus!

Bp. Isman, M.Pd mewakili Kepala UPTD Pendidikan Kec. Tembalang membuka acara.

Akhirnya, saat yang dinanti itu pun tiba. Gugus Bawana Alit mewakili kecamatan Tembalang mengikuti Lomba Gugus!. Hari ini, Selasa (10/10), pagi-pagi sekali, Tim Penilai Lomba Gugus se-Kota Semarang datang ke SDN Tembalang sebagai SD Inti gugus, disambut oleh guru-guru dan Kepala-kepala Sekolah yang sudah menanti.

Seminggu ini, kesibukan memang meningkat di Gugus Bawana Alit. Menata, memperbaiki, merapikan file-file lama maupun mengadakan hal-hal baru yang sekiranya menjadi materi atau indikator dari penilaian gugus. Dibawah supervisi Pengawas Dabin IV, Ibu Mintarsih, M.Pd,  sehari sebelumnya, SDN Tembalang sebagai SD Inti mengadakan kerja bakti besar antara siswa, guru, dan orang tua khusus untuk menata lingkungan sekolah.
Acara Pembukaan


Bp. Suadi, M.Pd, Ketua Tim Penilai Gugus memberikan sambutan

Penilaian Gugus dimulai dengan acara Pembukaan, dipandu oleh Bu Dyah dari SDN Meteseh, dimulai pukul 07.15. Tampil memberi sambutan  pertama sekaligus membuka adalah Bp Isman Widodo yang mewakili Kepala UPTD Kec. Tembalang. Kemudian disusul dengan pemaparan teknis penilaian oleh Tim Penilaian yang diketuai oleh Bp. Suadi, M.Pd. Selain Bp. Suadi, anggota tim lainnya yaitu : Bp Agus Suyono, M.Pd, Ibu Tutik Rantini M.Pd, Ibu Heni Titik Lestari, M.Pd, dan ibu Endang Tri Asmoro, M.Pd.

Bu ER Astuti, Ketua Gugus menyampaikan Profil Selayang Pandang Gugus

Setelah menyanyikan lagu Indonesia raya 3 Stanza, dilanjutkan dengan Pemaparan Profil Selayang Pandang Gugus Bawana Alit oleh Ibu Endang Rahayu Astuti sebagai Ketua gugus. "Selamat datang bapak ibu penilai di SD Inti Gugus Bawana Alit. Sehari-harinya kami ya seperti ini, tidak terlalu diada-adakan", kata bu Tuti mengawali uraian.

Kemudian, Tim Penilai pun dibagi menjadi dua. Sebagian bertugas di SD Inti, sebagian melakukan kunjungan ke SD Imbas yang diantar oleh Pak Agus Pramono (plt Kepsek SDN Meteseh), tujuannya yaitu SD Kramas. Di sana, SD yang dipimpin oleh Ibu Fine Lina Artanti telah siap menunggu kehadiran Tim Penilai. Sementara di SD Inti, petugas yang melayani penilai adalah Bu Tuti (Kepsek SDN Tembalang), Bu Arif (Kepsek SD Alam Ar-Ridho, dan Bu Wiwik (Kepsek SDI Al-Ma'arif), dan Pak Anton (plt Kepsek SDN Bulusan).

Beberapa hal yang menjadi penilaian diantaranya adalah : Fisik Sarana & Prasana Sekolah, Administrasi Gugus, Administrasi Pembelajaran, Manajemen Berbasis Sekolah, Kerja sama dengan masyarakat, termasuk di dalamnya PPK dan gerakan Literasi. Di SD Inti, tim menilai proses pembelajaran di Kelas V yang di ajar oleh Bp. Haryanto dan di SD Imbas Tim masuk ke kelas I yang di ajar oleh Bu Santi.

Setelah melakukan penilaian, tim bersama tamu undangan rehat menikmati sajian yang telah disediakan oleh sekolah bekerja sama dengan komite orang tua di SDN Tembalang. Ada sajian wedang Uwuh dan wedang jahe yang menjadi muatan kewirausahaan gugus Bawana Alit.
Ibu Tuti, M.Pd menyampaikan Evaluasi hasil penilaian

sebagian Kepsek yang hadir

Acara penilaian diakhiri dengan sesi Evaluasi oleh Tim Penilai. Masing-masing penilai memaparkan hasil observasinya. Ada nilai plus dan ada pula yang masih minus. Ada hal yang patut diapresiasi dan ada pula hal-hal yang perlu ditingkatkan lagi. Ada hal yang sifatnya esensi dan ada pula hal yang sifatnya administrasi. Dalam sambutan penutupnya, Pak Isman menyayakan bahwa banyak hal yang bermanfaat yang dapat diambil dari pemaparan Tim Penilai. Disamping menilai, tim sesungguhnya juga melakukan Visitasi, sebuah tugas penting yang perlu dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang untuk memastikan kegiatan pendidikan hingga ke tingkat gugus berjalan sebaik mungkin. Sehingga masukan dari Tim, menjadi motivasi agar SD Inti dan SD Imbas untuk berbenah menjadi lebih baik lagi.

Acara pun diakhiri dengan doa yang dipanjatkan oleh Bp Jumakir, Kepsek SDI Nurussunah dan foto bersama di halaman SDN Tembalang.
Foto bersama Tim Penilai Lomba Gugus dengan pengurus Gugus Bawana Alit

Komentar